Dituding Maksiat Konser di Pekanbaru Batal

Jadwal konser grup band Ungu di Pekanbaru harus dibatalkan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) melarang band penembang Para Pencarimu ini manggung di sana. MUI melarang Ungu tampil karena band ini berniat manggung di areal Masjid Agung An-Nur Pekanbaru. “Ini sudah kelewatan kalau ada konser di areal masjid. Apalagi, itu kan mengganggu umat yang lagi beribadah. Ini kan bulan puasa,” jelas Ketua Umum MUI Pekanbaru Ilyas Husti Jumat (12/09).

MUI menuding konser Ungu ditunggangi orang-orang yang hendak mencoreng Islam di mata umat non Islam. “Kita jelas menolak konser di masjid. Ini tidak bisa dibiarkan, ini sudah mencoreng umat Islam,” jelas Ilyas Husti, MUI juga mempertanyakan mengapa izin konser di areal masjid itu sampai bisa diloloskan. “Apa yang menjadi alasan panitia Masjid Agung An-Nur bisa meloloskan konser musik di depan masjid?” sambung Ilyas.

Kini, MUI telah menyurati panitia Masjid Agung An-Nur menyoal lolosnya konser Ungu di rumah Allah itu. Jika tetap konser, MUI menyuruh Ungu menanggung dosa dari maksiat yang dilakukan penonton.

“Konser musik akan mengundang banyak dosa karena konser musik dihadiri muda-mudi yang berpasang-pasangan. Siapa yang menjamin kalau mereka datang tidak berpasang-pasangan yang bisa menjurus ke arah perbuatan maksiat? Ungu harus bertanggung jawab atas dosa maksiat itu jika konser tetap dilakukan,” tegas Ilyas .

Masih kata dia, konser musik di masjid akan menjadi arena muda-mudi untuk pacaran.
“Ini bisa mengundang dosa besar. Apalagi kalau dilakukan di rumah Allah, sungguh sudah kelewatan. Kegiatan ini lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya,” jelas Ilyas.

Dia membeberkan secara detail bahwa apabila konser digelar siang hari, akan mengganggu ketenangan beribadah. Kalau dilaksanakan malam hari di areal masjid terbesar di Riau itu, akan mengganggu umat yang sedang salat tarawih dan mengumandangkan ayat-ayat suci Al-quran. “Konser itu harus di batalkan. Masih ada lokasi di luar masjid dan di luar bulan puasa,” pinta Ilyas.

MUI telah mendapat dukungan dari ormas Islam seperti Hizbut Tahrir Indonesia, Gerakan Pemuda Kabah dan ormas Islam lainya di Pekanbaru, Riau, untuk menolak konser Ungu di masjid. Ungu sedianya akan menggelar konser tersebut pada Sabtu kemarin (13/9) besok. (05)